Wednesday, April 21, 2010

Wow!!..Google Diam-diam Beli Perusahaan Cip

Wow!!..Google Diam-diam Beli Perusahaan Cip

Wow, persaingan antara Google dan Apple kelihatannya semakin meruncing. Setelah masuk ke bisnis smartphone, kini Google pun diam-diam memperkuat dukungan teknologinya dengan mengakuisisi perusahaan cip yang didirikan mantan karyawan Apple. Apakah kelak Google akan memakai cip buatan sendiri di ponsel dan tablet berbasis Android?

Google dilaporkan telah mengambil alih Aglinux, perusahaan start up pembuat cip. Situs Pehub.com melaporkan, juru bicara Google mengakui akuisisi tersebut namun berapa nilai yang harus dibayar tidak disebutkan. Aktivitas Aglinux sampai saat ini memang masih rahasia dan websitenya belum aktif. Cache websitenya hanya menampilkan peta dan alamat kantor Aglinux yang terletak di San Jose, California. Namun, the New York Times pernah melansir bahwa Aglinux mengembangkan semacam server dan menjalin kerja sama dengan Cisco serta Texas Instruments.

Pendiri perusahaan ini adalah para mantan karyawan PA Semiconductor di antaranya Amarjeet Gill, Mark Hayter, dan Puneet Kumar. PA Semiconductor merupakan produsen cip yang diakuisi Apple tahun 2008 sebesar 278 juta dollar AS. Dari akusisi tersebut, Apple menghasilkan cip Apple A4 yang kini digunakan iPad dan kabarnya juga digunakan iPhone generasi keempat yang belum lama bocor di jalanan.

Menurut informasi dalam cache websitenya, Aglinux sendiri dari kata, gni dalam Bahasa Sansekerta yang berarti api dan lux dalam Bahasa Latin berarti cahaya. Sampai saat ini belum dapat dipastikan apa yang tengah dilakukan Google dan Aglinux. Kalaupun bukan menyaingi Apple di bisnis smartphone, Aglinux mungkin akan mendukung pengembangan server Google.

Referensi:
http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/04/22/10322959/Google.Diam-diam.Beli.Perusahaan.Cip-5

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mathedu Unila is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot