Tuesday, December 7, 2010

Pengertian Kurikulum

Pengertian Kurikulum

Secara umum, kurikulum diartikan sebagai semua pengalaman belajar subjek didik di bawah bantuan sekolah. Pengertian Kurikulum ini meliputi kurikulum yang direncanakan dan kurikulum tersembunyi.

Menurut John U. Michaelis dan kawan-kawan, yang dimaksud dengan kurikulum yang direncanakan adalah tujuan luas dan tujuan khusus isi, kegiatan belajar, penggunaan media belajar, strategi mengajar, dan penilaian baik yang tertulis maupun yang dilaksanakan di kelas.

Kurikulum tersembunyi mencakup pemberian pendidikan untuk bidang kognitif, afektif dan psikomotorik yang berhubungan dengan pelakasanaan kurikulum yang direncanakan secara cermat maupun yang tidak sengaja direncanakan.

Ada lima sumber yang dijadikan dasar dalam penyusunan kurikulum, yaitu dasar-dasar historis, dasar filosofis, dasar sosial, dasar psikologis, dan dasar disiplin. Dasar historir berguna untuk menentukan permasalahan, isu dan praktek. Dasar filosofis dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kerangka nilai dan kepercayaan yang berhubungan dengan tujuan, pemilihan materi, pemilihan metode, dimensi-dimensi lain dari pengajaran. Sedangkan dasar sosial menyumbang informasi nilai-nilai sosial. Dasar psikologis berisi ide-ide tentang perkembangan anak, pengembangan dan belajar. Dasar disiplin memberikan informasi tentang konsep, generalisasi, data penunjang, proses dan metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum dan perencanaan pengajaran.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mathedu Unila is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot