Tuesday, January 31, 2012

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Organisasi didefinisikan sebagai berikut; pertama organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; kedua, organisasi adalah kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Stoner menjelaskan bahwa bahwa organisasi merupakan suatu pola hubungan - hubungan yang melalui dimana orang - orang di bawah pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.

Ernest Dale menjabarkan  Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktus atau pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

Organisasi, menurut Prof Dr.Sondang P.Siagian adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang/sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

Chester L Bernard (1938) mengemukakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.

Hal senada juga dikemukakan oleh Bakke bahwa organisasi merupakan sebuah system yang continue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan di koordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, capital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.

Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengungkapkan definisi organisasi sebagai suatu struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. Selanjutnya Drs. Malayu S.P Hasibuan menjelaskan pengertian organisasi sebagai suatu system perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

Hermaya (1996:26) menjelaskan bahwa organisasi adalah tempat atau wahana proses kegiatan kumpulan orang-orang yang bekerja sama mempunyai fungsi dan wewenang untuk mengerjaka usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Gareth Jones dan Mary Mathew menjabarkan Organisasi sebagai alat yang digunakan oleh orang guna mengkoordinasi tindakan-tindakan mereka guna memenuhi sesuatu yang mereka harapkan atau yang dihargai untuk mencapai tujuan.

Steven P. Robbin (2001:2) mengemukakan bahwa organisasi adalah salah satu unit sosial yang dikoordinasikan secara sengaja terdiri daridua orang atau lebih yan berfungsi dan berwenang untuk mengerjakan usaha mancapai tujuan yang yang telah ditentukan. organisasi juga diartikan sebagai kolektivitas orang-orang yang bekerja sama secara sadar dan sengaja untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut James D.Mooney, pengertian organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Allen berpendapat organisasi  adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mathedu Unila is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot