Sunday, November 20, 2011

Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi

Buah Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan.

Nama asli buah kiwi adalah Yang Tao. Baru sekitar tahun 1959 buah tersebut diberi nama "buah kiwi" setelah penetapan burung kiwi sebagai simbol Selandia Baru.

Elisa Zied, MS, seorang ahli nutrisi dan penulis buku Feed Your Family Right, menyebutkan bahwa buah kiwi termasuk dalam satu dari 10 jenis makanan super (super food). Kiwi termasuk buah yang multitasking karena mengandung nutrisi pelawan penyakit, rasanya enak, mengandung sedikit kalori, plus membuat kulit awet muda.

Menurut ahli gizi dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, satu atau dua butir kiwi setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.

Kiwi juga diketahui sebagai buah yang kaya akan viamin C, A dan E. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Sedangkan kandungan vitamin E pada kiwi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan mangga.

Menurut Prof.Made Astawan, dalam buku Kandungan Gizi Aneka Makanan, selain vitamin C dan E, jenis antioksidan lain yang terdapat dalam buah kiwi antara lain karoten, lutein, xanthophyll, flavonoid, dan sebagainya.

Kandungan vitamin E pada kiwi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan alpukat. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin B1, B2, B6, asam folat, niasin, vitamin A, dan asam pantotenat.

Buah kiwi adalah sumber mineral yang sangat diperlukan untuk mempertahankan stamina. Kiwi mengandung elektrolit (mineral) yang sangat penting untuk pergantian kehilangan elektrolit tubuh akibat keluarnya keringat selama kerja keras, olahraga, atau cuaca panas.  Selain itu, Mengkonsumsi buah kiwi tiga kali dalam sehari berkhasiat dapat menurunkan hipertensi.

Demikian artikel tentang Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mathedu Unila is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot