Wednesday, October 14, 2009

Pemahaman Tentang Konseling

Pemahaman Tentang Konseling

Konseling kadang disebut penyuluhan, adalah suatu bentuk bantuan. Konseling merupakan suatu proses pelayanan yang melibatkan kemampuan profesional pada pemberi layanan. Ia sekurangnya melibatkan pula orang kedua, penerima layanan, yaitu orang yang sebelumnya merasa ataupun nyata-nyata tidak dapat berbuat banyak setelah mendapat layanan  menjadi dapat melakukan sesuatu.

Konseling akan bertambah mudah dipahami jika, sekurangnya, dikenal hakikat dasar, sifat dan peranannya serta beberapa konsep kunci yang sangat mendasar.

A.Konseling Sebagai Helping
Amat banyak hubungan  antar manusia yang mengandung unsur-unsur pemberian bantuan. Ini memang diperlukan karena berbagai kondisi dilematis, konflik, ataupun krisis yang dialami individu dan perlu bantuan segera. Akan tetapi, atas sifat dan ciri – cirinya, tidak semua pemberian bantuan dapat dibuat profesional.

Upaya pemberian bantuan, selanjutnya disebut helping, di Indonesia tetap begitu, yang dibicarakan di sini, adalah yang profesional sifatnya. Menurut Mc Cully Suatu profesi  helping dimaknakan sebagai adanya seorang, didasarkan pengetahuan khasnya, menerapkan suatu teknik intelektual dalam suatu pertemuan khusus dengan orang lain dengan maksud agar orang lain akan memungkin lebih efektif menghadapi dilema-dilema, pertentangan, yang merupakan ciri khas kondisi manusia.

Suatu hubungan helping ditandai oleh cirri-ciri dasar tertentu. Pandangan Bruce Shertzer dan Shally C Stone yang diadaptasi disini, mengenai ciri-ciri hubungan helping adalah:
1).Hubungan helping adalah penuh makna, bermanfaat.
2).Afeksi sangat mencolok dalam hubungan Helping.
3).Keutuhan pribadi tampil atau terjadi dalam hubungan helping.
4).Hubungan helping terbentuk melalui kesepakatan bersama individu-individu yang terlibat.
5).Hubungan terjalin karena individu yang hendak dibantu membutuhkan informasi, pelajaran, advis, bantuan, pemahaman dan perawatan dari oran lain.
6).Hubungan helping dilangsungkan melalui komunikasi dan interaksi.
7).Struktur hubungan helping adalah jelas atau gambling.
8).Upaya-upaya yang bersifat kerja sama menandai hubungan helping.
9).Orang-orang dalam helping dapat dengan mudah ditemui atau didekati dan terjamin ajeg sebagai pribadi.
10).Perubahan merupakan tujuan hubungan konseling.

Konseling pada dasarnya merupakan suatu hubungan helping, helping relationship.

B.Konseling Sebagai Ilmu Dan Seni
Konseling mempunyai sisi ilmu dan sisi seni sekaligus. Lawrence M. Brammer melihat sisi ilmu helping, termasuk konseling, adalah keterlibatan penelitian dan teori terinci di dalamnya. Aspek ilmiah kegiatan konseling berkenaan dengan pendiskripsian data, peramalan, perampakan, terhadap tingkah laku. Konseling adalah ilmu dalam arti bahwa banyak hal diketahui mengenai perbedaan antara konseling dengan konseling yang tidak efektif.

Sedangkan sisi seni konseling,menurut Bramer, lebih mengacu pada unsur-unsur intuitif dan perasaan jalinan hubungan antarpribadi yang berlandaskan terutama pada kemanusiaan dan daya cipta seni. Para konselor nonprofessional menurut Brammer, meskipun kurang canggih latar belakan ilmu tingkahlaku yang dimilikinya dan sedikit latihan keterampilan , kerapkali dapat menerapkan prinsip-prinsip konseling berdasarkan intuisi, penghayatan dan seni mereka.

Dalam menjelaskan sisi seni konseling , Pietrofesa dkk, menjelaskan bahwa terdapat dimensi-dimensi konseling yang tidak dapat dihitung atau tidak dapat diukur. Selanjutnya kata mereka, para konselor terlengkapi dengan variasi-variasi artistik tertentu yang bersumber dari bakat pribadi. Tiap-tiap konseling menerapkan menerapkan pola-pola yang unik atas pemahamannya tentang konseling. Para konselor akan kurang berhasil jika mereka menerapkan pengetahuannya secara mekanis dan objektif kaku.

Jadi, Jelas bahwa konseling yang utuh mestilah memiliki dua istilah sekaligus yaitu sisi ilmu dan sisi seni.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Mathedu Unila is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot